Rabu, 20 September 2017

Jambu Kristal

Jambu Kristal (Crystal Guava) rasa manis, daging buah renyah, mudah berbuah, mudah perawatan dan hampir tanpa biji. Jambu biji ini disebut kristal karena warna daging buahnya berwarna putih agak bening mirip seperti kristal.
Bentuk jambu ini berlekuk tidak bulat rata, tergolong unik, biji sedikit sekitar 3 sampai 5 biji per buah, maka bagian daging buah yang dapat dimakan banyak. Termasuk buah premium.
Warna kulit luar hijau muda, bobot buah 200 gram sampai 350 gram per buah. Saat memetik buah yang paling ideal sekitar 75%. Jika buah dipetik terlalu masak akan ada rasa sedikit pahit. Bila buah jambu ini disimpan di lemari pendingin mampu bertahan lebih dari satu bulan.
Jambu kristal ini walaupun ditanam sebagai tabulampot masih genjah, mudah berbuah lebat sepanjang tahun. Pemberian pupuk organik maupun npk dengan dikocor ke media tanam dan disemprot pada daunnya secara terukur dan teratur meningkatkan kelebatan buah dan bobot buahnya lebih besar.
Pemangkasan ranting yang jelek secara rutin akan memunculkan tunas baru dan akan membawa bakal bunga. Semua jenis jambu biji selalu diawali pemangkasan agar bisa berbuah lebat. Kata kuncinya: pangkas akan muncul tunas membawa bakal bunga. Selalu diikuti pemupukan. Tanaman indukan di Kebun masih memakai wadah planterbag 50 liter dan cara pemangkasannya bukan dipangkas dan dibuang rantingnya, akan tetapi saya cangkok untuk menghasilkan bibit yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.
Semoga artikel ini ada manfaatnya. Enjoy and happy gardening, peace.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuahkan Jambu Air di Musim Hujan

Di Surabaya pada bulan Desember mulai musim hujan, sebagai pecinta tanaman buah jambu air unggulan selalu berharap untuk segera memetik buah...